Selasa, 12 April 2016

RPP BOLA VOLI METODE KOGNITIF



RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE KOGNITIF


FASILITAS ALAT DAN BAHAN :
  1. Lapangan Voli
  2. Net
  3. Bola Voli
  4. Antena
  5. Proyektor LCD
  6. Layar

PERENCANAAN
  1. Mengajarkan kepada siswa tentang dasar-dasar bola voli.
  2. Mengajarkan kepada siswa Model latihan dasar bola voli.
  3. Memberikan pemahaman kepada siswa tentang aktivitas bola voli.
  4. Membimbing siswa untuk mencari solusi atas permasalahan dalam pelaksanaan permainan bola voli.

TINDAKAN
  1. Mengajarkan tentang dasar-dasar bola voli
A.    Passing Bawah
Passing bawah adalah cara mengoper atau menerima bola dengan dua tangan secara bersamaan di depan badan.
Ø  Memberikan materi diskusi tentang permasalahan yang sering ditemui ketika melakakukan gerakan passing bawah.
Ø  Memberikan ruang pada siswa untuk mencari materi tentang sikap awal, pelaksaanaan dan sikap akhir dari gerakan passing bawah.
Ø  Siswa diberikan contoh vidio kemudian memberikan komentar atau tanggapan terhadap aktivitas tersebut yang dituangkan dalam bentuk tulis.
Ø  Siswa diberikan tugas klipping tentang teknik dalam gerakan passing bawah yang dapat dicari melalui media koran, majalah maupun artikel.


A.   Passing Atas
Passing atas (set up) adalah cara mengumpan atau menerima bola dengan dua tangan di atas depan kepala secara bersamaan. Teknik passing atas banyak digunakan untuk mengumpan agar bola yang diumpan dapat dismash dengan baik.
Ø  Memberikan siswa tugas tulis tentang cara melakukan teknik passing atas yang baik dan benar dengan ketentuan tulis seperti adanya sumber refrensi dll.
Ø  mencari vidio tentang aktivitas passing atas dengan disertai tugas analisis setiap gerakan yang ada kemudian mengumpulkan tugas dengan kertas folio dan CD untuk menyimpan vidio yang telah diunduh.
Ø   Siswa diberikan kesempatan untuk presentasi didepan kelas untuk menjelaskan tentang teknik gerak passing atas yang baik dengan media maupun praktek langsung.
Ø  Siswa diberikan tugas mencari bentuk gambar teknik awalan dan pelaksanaan dalam gerakan passing atas yang dikumpulkan minimal 1 lembar kertas folio dengan minimal 6 gambar ukuran bebas.


B.   SERVICE BAWAH DAN SERVICE ATAS

Ø  Siswa diberikan tugas untuk belajar memalui internet atau membuka web yang berisikan tentang keseluruhan teknik gerak service atas dan bawah, kemudian menuliskan secara ringkas tentang teknik tersebut dan dikumpulkan dipertemuan yang akan datang.
Ø  Guru memberikan tugas untuk mengamati dan menganalisa gerakan service ketika ada sebuah pertandingan dengan observasi study lingkungan secara langsung.
Ø  Guru memberikan tugas berupa sesi tanya jawab dengan sesama siswa tentang teknik service atas dan bawah.


EVALUASI PENILAIAN DALAM BENTUK PRAKTEK

1.      Siswa melakukan baris kemudian berdoa menurut kepercayaan masing – masing.
2.      Siswa melakukan warming up selama 10 menit, dilanjutkan streching secukupnya.
3.      Kemudian siswa diperkenalkan cara melaksanakan permainan seperti gambar.


Cara melakukan adalah sebagai berikut :
            Permainan dengan bentuk 3 vs 3, ukuran lapangan yaitu (± 15 x 6 meter) dengan net, game 15 point.
4.      Setelah melakukan permainan tersebut siswa menjawab pertanyaan dengan ditulis dan dijawab dikertas folio, dengan bentuk pertanyaan :
Ø Apa yang anda (siswa) lakukan dalam permainan ini ?
Ø Apa yang harus dilakukan anda (siswa) dalam mengawali permainan ?
Ø Bagaimana cara anda (siswa) dalam memulai permainan dari posisi dibelakang garis ?
Ø Apa yang akan anda (siswa) lakukan saat menerima service ?
Ø Apa tindakan yang harus dilakukan anda ketika teman dalam posisi siap ?
Ø Apa saja kesalahan yang terjadi pada saat service bawah ?
Ø Apa saja kesalahan yang terjadi pada saat passing bawah ?
Ø Apa yang anda ketehui tentang teknik dasar passing bawah dan atas yang benar ?
Ø Bagaimana cara melakukan service bawah yang baik dan benar ?





Tidak ada komentar:

Posting Komentar