Selasa, 12 April 2016

RPP SEPAKBOLA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PERMAINAN SEPAK BOLA
 

Di dalam pembelajaran invasion games dengan mennggunakan pendekatan taktik, harus berpedoman pada tingkat kompleksitas permainan yang telah ditentukan. Berikut ini adalah contoh penerapan pendekatan taktik dalam pembelajaran permainan sepakbola pada tingkat kompleksitas level 1. Masalah taktik yang ditekan dalam permainan ini tentang memulai permainan sepak bola. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di bawah ini:
Tingkat kompleksitas
:
Level 1.
Masalah taktik
:
Memulai permainan.
Fokus pelajaran
:
Melakukan gerakan throw in dengan benar dan sesuai pada sasaran yang tepat.
Tujuan
:
Melakukan throw in dengan tepat pada teman satu team.
A. Bentuk permainan
:
Memulai permainan sepak bola  5 VS 5 ( 5 siswa lawan 5 siswa). Ukuran lapangan seperti lapangan futsal.
Tujuan
:

Pertanyaan
:
·        Apa yang harus Anda (siswa) lakukan dalam permainan ini ?
·        Bagaimana Anda (siswa) melakukan throw in tanpa direbut lawan ?
·        Bagaimana posisi badan Anda (siswa) saat melakukan throw in yang benar?
·        Lemparan yang  bagaimana agar tidak direbut oleh lawan?
 B. Tugas Latihan
:
Latihan berpasangan atau tiga orang pada jarak 5 meter, berhadapan dan melakukan teknik melempar yang baik throw in
Tujuan aktivitas
:
·         Menggunakan satu sentuhan untuk menghentikan dan mengumpan bola berikutya.
·         Operan yang kuat dan akurat dengan menggunakan kaki bagian dalam kaki kanan dan kaki kiri
Petunjuk
:
·         Setiap kelompok berbaris berbanjar ke belakang.
·         Siswa yang berada di depan barisan memberikan bola ke pada temannya dan seterusnya sampai bola berada pada siswa paling belakang.
·         Siswa yang paling depan maju 5 meter dan siswa yang paling belakang melempar bola dengan cara seperti throw in pada sepakbola, begitu seterusnya.
·         Kelompok yang paling cepat membuat barisan: a. Siswa di bagi menjadi 2 tim, tim A dan tim B b. Tim A dan tim B diundi dengan menggunakan coin untuk mengetahu siapa yang memulai Inti c. Tim A dan Tim B berusaha mempertahankan bola dengan melakukan lemparan ke rekan tim sebanyak 10 kali tanpa terebut tim lawan. - Jika tim A memulai permainan terlebih dahulu maka tim A harus mengumpan bola sebanyak 10 kali tanpa direbut tim B dinyatakan sudah berhasil dan setelah itu tim A harus bergantian dengan tim B namun teknik melempar sesuai - Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok - Setiap kelompok melakukan practise atau
·         Siswa dibagi kedalam 2 kelompok dan dibariskan saling berhadapan.
·         Masing-masing siswa dalam satu baris.
·         Dengan aba-aba peluit dari guru, setelah peluit ditiup siswa disisi kanan guru melakukan throw in yang berada di depannya.
·         Aba-aba peluit ke dua giliran siswa disebelah kiri guru melakukan throw in ke pada siswa yang berada didepannya. Dan begitu seterusnya sampai lima kali - Siswa melakukan game sama seperti game I hanya saja pada game 2 ini siswa bisa mencetak angka dengan menjatuhkan cone - Tim yang membawa bola diperbolehkan mencetak gol pada gawang yang telah disediakan namun harus menggunakan - Diharapkan pada game II, teknik melempar akan lebih baik setelah melakukan latihan.
C. Bentuk Permainan
:
Permainan 5 VS 5 (5 lawan 5). Ukuran lapangan 30 X 20 meter. Menggunakan gawang kecil, tanpa penjaga gawang.
Tujuan
:
·         Siswa dapat menjelaskan cara memulai pertandingan dalam sepakbola (throw in).
·         Siswa dapat mempraktikan cara melakukan throw in yang benar dalam sepakbola
Kondisi-kondisi
:
Maksimun 3 kali sentuhan sebelum mengoper, bola harus lebih tinggi dari ketinggian kepala.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar